Peluang untuk memperbaiki diri selalu ternganga di depan mata berbanding lurus dengan kesempatan untuk membiarkan diri hanyut dalam suatu keadaan yang semakin mengarahkan kita pada suatu ruang yang sejatinya bukanlah tempat yang tepat bagi kita. Aku tak tahu pasti peluang mana yang akan mendominasi dalam keseharian berbuatku. Namun yang jelas, tentang arti sebuah kesadaran, setidaknya kita dapat bersepakat tentang satu hal, bahwa hakikatnya manusia adalah makhluk yang baik. Lalu apa lagi yang harus kita persoalkan dalam kehidupan keseharian kita mengenai berbagai laku manusia yang terdengar, terlihat, terpikir oleh kita. Beragam laku tertentu yang muncul dan menguasai indera kita untuk sejenak memberikan perhatian sedikit lebih banyak tentangnya. Tentu saja laku tersebut, laku yang secara tidak langsung telah memenuhi standar maupun aturan tertentu untuk mendapat nilai lebih dibanding laku lainya.
Laku apakah gerangan kiranya, aku hanya ingin menyebutkan tentang satu atau mungkin lebih dari beberapa hal yang tidak lebih baik dari apa yang anda ketahui. Satu, seperti kata seorang bijak “Hidup adalah berbuat”, tak lebih dari itu. Aku mencoba, untuk menerangkan pemahamanku tentang makna dari kata seorang bijak tersebut. Melakukan suatu tindakan, dengan atau tanpa rangsangan dari luar yang dibawa oleh sensorik kepada pusat saraf melalui koneksi neurotransmitter yang kemudian di respon melalui motorik kemudian diterjemahkan diterjemahkan
dengan gerakan fisik, sejatinya menuntun kita kepada kesadaran yang kerap kita abaikan. Sebuah kesadaran tentang satu kompleksitas menyeluruh pada ruang mikroskopis yang begitu sempurna, setidaknya hal ini berlangsung pada makhluk yang namanya manusia.
Sebuah laku, perbuatan tak lebih sederhana dari hirupan nafas di udara yang telah tersedia tetapi juga tidak lebih kompleks dari pengolahan data oleh prosesor komputer. Ia akan berarti, tak mati dan melegenda pada diri seseorang jika dilandasi oleh energi kesadaran. Secara kasat memberikan bentuk fisik dari tindakan yang dilakukan dan dengan cara lainya pada dimensi kuantum, hal itu merupakan sebuah aksi proses yang sungguh akan memberikan banyak hal positif bagi si pelaku, begitu juga sebaliknya .

Iklan